Sabtu, 04 Mei 2013

UTS SISTEM KEAMANAN KOMPUTER



UTS
SISTEM KEAMANAN KOMPUTER

NAMA            : TJAN CLARA ARIFIN
NIM                : 1115015039
KELAS           : A’11

Soal Pertama
Case Study:
Disuatu Non Government Organization (LSM) anda ditunjuk menjadi Kepala Perencanaan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Total Staff ada 50 orang. Lingkungan sistem operasi yang digunakan ada beragam baik itu laptop dan desktop.
Sistem operasi desktop yang digunakan yaitu
1. Mac OS X 10.6
2. Ubuntu Linux 10.10
3. Windows 7, Windows XP dan Vista
Untuk Server, OS nya yaitu
1. FreeBSD + Samba (untuk Windows networking)

Pertanyaan:
1.   Jelaskan langkah-langkah anda dalam mengaman aset teknologi informasi baik dari segi sistem operasi, aplikasi organisasi, perilaku pengguna, jaringan lokal dan internet. Buat gambar jika perlu
2.  Perlukah antivirus digunakan jika sistem operasi desktop dan laptop beragam? Bagaimana dengan server yang menggunakan FreeBSD yang merupakan varian UNIX apakah perlu dipasang antivirus? Perlukah anda menggunakan firewall dan sejenisnya? Bagaimana anda menangani bila bujet NGO terbatas?

Jawab
1.      Dari Segi Sistem Operasi
Untuk keamanan sistem operasi dapat menggunakan protocol user, proaktif password, firewall, enkripsi yang mendukung, logging, mendeteksi penyusup, dan keamanan system file. User Datagram Protocol  salah satu protokol lapisan transpor TCP/IP yang mendukung komunikasi yang tidak andal (unreliable), tanpa koneksi (connectionless) antara host-host dalam jaringan yang menggunakan TCP/IP. Protokol ini didefinisikan dalam RFC 768.

Dari Segi Aplikasi Organisasi
Memasang aplikasi-aplikasi yang dapat mengamankan data-data penting dari serangan-serangan dari pihak luar seperti memasang Firewall, Antivirus dan intruder detection system (IDS), Anti-Axecutable.

Dari Segi Perilaku Pengguna
Keamanan dari pengguna biasanya dilakukan dengan penggunaan password pribadi. Dengan password pribadi ini diharapakn para penyusup yang tidak berkepentingan tidak dapat mengakses data-data pribadi dalam komputernya. Namun, hal tersebut biasanya tetap bisa ditelusuri karena saat ini banyak aplikasi-aplikasi yang dapat membobol data pribadi sesorang. Dalam keamanan sistem komputerisasi, pada dasarnya keamanan tersebut dijadikan sebagai usaha perlindungan data-data yang bersifat penting dan rahasia. Walaupun banyak aplikasi atau bahkan ahli dalam menyusup data pribadi seseorang, Keamanan sistem komputerisasi tetap harus dilakukan dengan semaksimal mungkin. Pada computer juga dapat dipasang aplikasi Anti-Axecutable agar user tidak bisa sembarang menginstal aplikasi yang tidak diperlukan.

Dari Segi Jaringan Lokal dan Internet
Pada masing-masing komputer akan dipasang firewall dan untuk server dan komputer database akan ditambah dengan  sistem pemantau “intruder detection system” (IDS) untuk mengetahui  adanya tamu tak diundang (intruder) atau adanya serangan (attacking). Sehingga Sistem ini dapat memberitahu administrator melalui e-mail maupun melalui mekanisme lainnya.          
       
2.      Setiap komputer sangat disarankan menggunakan antivirus termasuk komputer server yang menggunakan sistem operasi Unix yang sebenarnya masih jarang terkena serangan virus sebaiknya juga dipasang antivirus sebagai pengaman. Dan untuk firewall juga disarankan penggunaanya karena ini merupakan salah satu pengamanan komputer yang digunakan untuk mengamankan komputer dengan cara memonitor informasi yang keluar masuk komputer saat berada dalam jaringan komputer atau internet. Dengan adanya antivirus dan firewall yang terpasang pada komputer setidaknya bisa mencegah dari serangan HACKER atau program-program berbahaya seperti Trojan, Worm, Malware dan jenis virus lainnya yang mencoba mengakses masuk ke komputer kita melalui jaringan komputer atau internet. Firewall ini juga bisa mencegah program berbahaya yang akan menyusup masuk pada komputer melalui program-prograng yang bertujuan untuk mengirimkan informasi seluruh data-data pada komputer kita ke komputer lain yang berada dalam satu jaringan komputer atau internet. Jadi pentingnya antivirus dan firewall pada komputer yang aktif dan ter-update, kita bisa mendeteksi dengan sangat baik dan menahan ribuan virus, Trojan, Worm, Malware serta file-file apapun yang dapat merusak kinerja PC dan laptop kita. Bila bujet NGO terbatas masih bisa menggunakan antivirus seperti Avira,Smadav,Avast,Avg, McAfee VirusScan  dan masih banyak lagi antivirus yang dapat diunduh secara gratis.

Soal Kedua

Buatlah sebuah virus beserta anti virusnya atau penanganannya (bukan deepfrezze atau system restore) dan printscreen berbentuk jpg akibat dari virus dan anti virus yang anda buat.

Jawab
Sintax membuat virus menulis sendiri pada semua aplikasi yang dibuka.
 









Hasil Run



 
Cara Penanganannya :
Ketik pada keyboard CTRL+ALT+ DEL
Masuk pada Start Task Manager
Kemudian pilih tab Processes, Cari  wscript.exe, kemudian pilih end process.


pilih End Process

 

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar