Selasa, 20 Desember 2011

Database adalah

Database adalah hal yang mutlak diperlukan bagi semua instansi atau perusahaan dewasa ini. Keharusan untuk memiliki sebuah basis data yang terorganisir dan tersistem bukanlah hal yang patut untuk ditawar. Sedemikian pentingnya basis data, sehingga kekuatan daya saing sebuah lembaga atau perusahaan dapat dilihat dari kesempurnaan basis data yang dimiliki.
Sedangkan Basisdata (database) merupakan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan di perangkat keras komputer dan digunakan peragkat lunak untuk memanipulasinya. Database merupakan salah satu komponen yang penting dalam sistem informasi, karena merupakan basis dalam menyediakan informasi bagi para pemakai. Penerapan database dalam sistem informasi disebut dengan database sistem. System basis data (database sistem) adalah suatu sistem informasi yang mengitegrasikan kumpulan dari data yang berhubugan satu dengan yang lainnya dan membuatnya tersedia untuk beberapa aplikasi yang bermacam-macam didalam suatu organisasi.
Satu database menunjukan satu kumpulan data yang dipakai dalam satu lingkup perusahaan atau instansi. Beberapa alas an mengapa database menjadi prioritas sendiri dalam kinerja manajemen perusahaan, diantaranya :
1.      Database tidak hanya bersifat, tetapi juga model data.
2.      Database dapat menjadi sumber data utama yang digunakan secara bersama-sama oleh banyak pemakai dalam perusahaan sesuai dengan kebutuhan.

Syarat-syarat dari suatu database adalah :
1.      Mengatasi masalah redudansi (duplikasi) dan interkoneksi data.
2.      Mengatasi masalah kesulitan akses data.
3.      Mengatasi masalah isolasi data.
Jika data tersebar dalam beberapa file dalam bentuk format yang tidak sama, maka ini menyulitkan dalam penulisan program aplikasi untuk mengambil dan menyimpan data. Maka haruslah data dalam satu database dibuat satu format sehingga mudah dibuat program aplikasinya.
4.      Multi User
Database yang baik tentunya bertumpu pada suatu pusat data. Data yang terpusat dan terintegrasi tersebut harus bisa digunakan secara bersama antara pengguna yang satu dengan yang lainnya.
5.      Masalah Keamanan Data
Tidak semua pemakai database boleh mengakses dengan bebas basis data. Ada aturan dan kewenangan yang dibuat oleh DBA (Database Administrator) dan harus dipenuhi oleh semua pengguna basis data.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar