Kamis, 15 November 2012

Analisis Website UNMUL


INTERFACE
Pada halaman muka (beranda) website Universitas Mulawarman (www.unmul.ac.id) menggambarkan interface yang baik untuk sebuah website pendidikan. Pada halaman website UNMUL terdapat konten berita terbaru. Pada bagian atas website terdapat menu beranda, fakultas, lembaga/unit. Untuk bagian tengah website kita dapat melihat topik berita, kegiatan, pengumuman serta hal-hal yang terbanyak diakses. Pada bagian bawah website kita bisa melihat Fasilitas, Fakultas, Direktori, PMB, Institusi yang merupakan sitemap dari website tersebut.  Apabila mahasiswa ingin membuka portal dan sireg, mereka hanya perlu membuka link dari aplikasi yang tersedia.  Terdapat  kolom pencarian yang memudahkan user mendapatkan informasi tentang UNMUL. Bahasa yang digunakan dalam website ini juga mudah untuk dimengerti dan dipahami oleh user. Dalam website UNMUL ini juga tidak terdapat tombol nagivasi dimana jika kita membuka suatu link kita tidak menemukan tombol navigasi back ke halaman sebelumnya. Profil UNMUL bersifat tersembunyi atau bisa dikatakan susah ditemukan  dimana profil tersebut terdapat dibagian bawah website bagian direktori – statuta. Seharusnya terdapat link “Tentang UNMUL“ dibagian menu (atas website) sehingga memudahkan user untuk menemukannya. Bahkan diwebsite ini juga tidak terdapat ruang untuk komen dan FAQ (Frequently Asked Question) dimana pada FAQ para user bisa menemukan jawaban dari persoalan-persoalan yang sering ditanyakan. Tampilan website ini konsisten yaitu Pemberian warna background untuk tiap halaman yang selalu sama.

 Tampilan Website UNMUL
KECEPATAN
Untuk hal kecepatan website UNMUL kelompok kami mencoba untuk melihat kecepatan website menggunakan http://www.iwebtool.com
Dari hasil analisa kecepatan tersebut dapat disimpulkan bahwa akses ke website UNMUL termasuk cepat karena kecepatan rata-rata nya  0.09 detik per kb.

KETEPATAN INFORMASI
Informasi yang diberikan adalah tepat karena berkaitan dengan pendidikan dan mewakili lembaga pendidikan.

JENIS INFORMASI.
Jenis informasi  untuk website UNMUL  adalah relevan dan  dapat dipercaya berdasarkan persyaratan informasi serta  berdasarkan sasarannya website ini berjenis informasi komunitas.

ARSITEKTUR INFORMASI
UNMUL menerapkan arsitektur tersentralisasi (terpusat). Semua pemrosesan data di­lakukan oleh komputer yang ditempatkan di dalam suatu lokasi yang ditujukan untuk melayani semua pemakai dalam organisasi.

TRANSAKSI DATA
·    UNMUL menggunakan sistem registrasi (http://sireg.unmul.ac.id/reg/) sebagai transaksi data untuk para mahasiswa baru yang akan menginput biodata diri. 

  • UNMUL menggunakan sistem portal akademik (http://portal.unmul.ac.id/) sebagai transaksi data untuk para mahasiswa yang akan membuat KRS secara online. 

·         UNMUL menggunakan sistem portal akademik (http://wisuda.unmul.ac.id/) sebagai transaksi data untuk para mahasiswa yang akan mendaftar wisuda. 



·       UNMUL menggunakan sistem portal akademik (http://smmptn.unmul.ac.id/) sebagai transaksi data untuk para calon mahasiswa yang akan mendaftar SNMPTN.



SIFAT INFORMASI :
Sifat Informasi dari website UNMUL adalah luas dan lengkap, memiliki kejelasan, dapat dibuktikan, berita yang tepat waktu dan memiliki kecocokan.

Kelebihan :
·         Tampilan yang konsisten
·         Pembukaan website yang cepat
·         Berita yang selalu terbaru

Kekurangan :
·         Tidak terdapat tombol navigasi
·         Tidak terdapat kolom komentar
·         Tidak terdapat FAQ (Frequently Asked Question)
·         Tampilan profil UNMUL yang susah ditemukan







Tidak ada komentar:

Posting Komentar