Jumat, 16 November 2012

Analsis Website Harvard University


INTERFACE
Pada halaman muka (beranda) website Harvard University www.harvard.edu  menggambarkan Konten berita terbaru dari harvard. Pada menu bar di atas terdapat link apply, faculty, staff, students, alumni, parents, visitors dan media serta terdapat fungsi search agar memudahkan pengguna untuk mencari informasi yang terdapat di dalam website Harvard university. Kemudian terdapat menu  About Harvard, Admissions & Aid, Schools, Resources & Offices. Pada menu About Harvard terdapat sub menu yang berisi : Harvard at a Glance, FAQ, Academic Experience, Maps & Directions, Directories, Harvard‘s Leadership, Harvard’s President.
Dan pada menu Admissions & Aid terdapat sub menu yang berisi : Undergraduate, Graduate & Professional Schools, continuing education, summer program

Pada menu Schools terdapat sub menu yang berisi : business, college, continuing education, dental, divinity, education, engineering, faculty of arts & sciences, government, graduater, law, medical, public health, Radcliffe institute.


Pada menu Resources & Offices terdapat sub menu yang berisi : administrative offices, alumni, arts & museums, athletics, commencement, courses, edx/harvardx, employment, library & academic research, online learning, research, university IT.

Sedangkan pada bagian isinya terdapat Sembilan kolom yang menampilkan berita terbaru dari Harvard. Tapi jika user ingin melihat berita lebih banyak bisa memilih view more.
Website Harvard ini juga menyediakan tampilan view channel dimana user dapat melihat apa saja kegiatan-kegiatan Harvard seperti Arts & Culture, Campus & Community, Global Engagement, Helath & Medicine, Public Service, Science & Engineering, Sustainability & Envirinment, Teaching & Learning Innovation, Unparalleled Student Experience, Social Channels.



 Dibagian bawah isi terdapat Harvard Social yang bisa membuat pengguna dapat terhubung langsung melalui Twitter atau Facebook, bagian ini juga terdapat tiga kolom yang menampilakan status terkini dari twitter Harvard.


Selain melalui website tersebut kita juga dapat menemukan informasi tentang Harvard di Twitter, Facebook, Youtube , RSS, ITUNES U, FOURSQUARE, Google Plus, Stumbleupon.Pada bagian bawah halaman website terdapat link dari fakultas-fakultas yang terdapat di Harvard, setiap link fakultas tersebut memiliki navigasi bar yang menghubungkan dengan beranda dari website Harvard itu sendiri. Selain itu terdapat trademark notice, report a copyright infringement, report security issue, privacy statement, accessibility, sitemap, serta contact Harvard.

Tampilan Website Harvard
KECEPATAN

Untuk kecepatan website Harvard university kelompok kami menggunakan http://www.iwebtool.com untuk menghitung kecepatan akses website nya dan berikut detail kecepatan akses website nya :



Dari hasil analisa kecepatan tersebut dapat disimpulkan bahwa akses ke website Harvard university termasuk cepat karena kecepatan rata-rata nya  0.01 detik per kb.

KETEPATAN INFORMASI
Informasi yang diberikan adalah tepat karena berkaitan dengan pendidikan dan mewakili lembaga pendidikan jenjang perguruan tinggi.

JENIS INFORMASI
Jenis informasi  untuk website HARDVARD adalah relevan dan  dapat dipercaya berdasarkan persyaratan informasi serta  berdasarkan sasarannya website ini berjenis informasi komunitas.


ARSITEKTUR INFORMASI
HARVARD menerapkan arsitektur tersentralisasi (terpusat). Semua pemrosesan data di­lakukan oleh komputer yang ditempatkan di dalam suatu lokasi yang ditujukan untuk melayani semua pemakai dalam organisasi.

TRANSAKSI DATA
Harvard mempunyai portal untuk pertukaran informasi dari universitas dengan mahasiswa, untuk mengakses portal dapat melalui website untuk klik link nya atau melalui http://my.harvard.edu/.
Untuk tampilan login portal Harvard




Pada system portal Harvard kita juga dapat secara langsung mengganti PIN, berikut tampilan untuk mengganti PIN



SIFAT INFORMASI
Sifat Informasi dari website HARVARD adalah Luas dan lengkap, memiliki kejelasan, dapat dibuktikan, dan tepat waktu.

Kelebihan Web Harvard :
1.      Sederhana dan  lengkap.
2.      Dilengkapi chanel yang mengelompokkan berita berdasarkan isi berita nya .
3.      Komentar, pertanyaan, pendapat atau lainnya yang melalui sosial channel dapat muncul di laman web.
4.    Terdapat  8 sosial network yang terhubung dengan web harvard. yaitu FB, Twitter, Youtube, RSS, Itunes U, Foursquare, Google Plus, Stumbleupon.
5.      Mempunyai peta kampusnya
6.      Mempunyai sitemap untuk memudahkan mencari konten apa saja yang terdapat pada website
7.      Mempunyai ranking untuk berita yang di muat di website
8.    Mempunyai kolom-kolom untuk menampilkan berita dan pada tiap kolom ditampilkan pula jenis berita nya, dan pada halaman utama dapat menampilkan maksimal 27 kolom berita
9.      Mempunyai tempat untuk Tanya jawab (FAQ) secara langsung
10.  Mempunyai informasi kemana untuk melaporkan pelanggaran hak cipta serta syarat-syarat apa saja yang harus dipenuhi untuk melaporkan pelanggaran
11.  Memuat blog mahasiswa secara update
12.  Sistem registrasi langsung terhubung dengan website utama, dikelompokkan berdasarkan fakultas dan dilengkapi pedoman registrasi
13.  Dilengkapi dengan kalender akademik
14.  Mengubah PIN langsung melalui website
15.  Terdapat contact person per fakultas dan pusat
16.  Dapat melihat berita-berita melalui website http://news.harvard.edu/gazette/

Kekurangan Web Harvard: 
1.      Terlalu banyak fitur
2.      Webnya membingungkan, sehingga sulit dipahami
3.      Membingungkan untuk menemukan informasi bagi mahasiswa misalnya untuk registrasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar